Interior Kamar Anak Menjadi Anak Cerdas

Interior kamar anak cerdas kedengarannya dambaan semua orang tua. Siapa yang tidak ingin anaknya cerdas dan mempunyai tanggapan yang cepat, kan? Semua orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya apalagi dalam hal pikirannya. Anak cerdas identik dengan pemberani, pandai, cekatan, kreatif dan cepat tanggap. Lingkungan turut membentuk bagaimana otak berpikir dan membentuk karakter. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan supaya anak lebih cerdas dalam menanggapi sesuatu? Simak poin-poin di bawah ini.

Taruhlah rak yang cukup untuk koleksi buku

Ya betul. Rak buku tidak lepas dari buku. Buku tidak lepas dari anak yang cerdas. Kedua hal itu sangat berikatan dan saling berhubungan. Beberapa anak sangan menyukai membaca dongeng dan melihat gambar-gambar lucu untuk menstimulai pikirannya. jika orang tua menceritakan dongeng sebelum tidur, anak akan ketagihan dan membuat imajinasinya berkembang, selalu timbul pertanyaan mengapa dan bagaimana. Rak yang berwarna indah akan digemari anak-anak dan akan selalu ingin tahu dongeng apa yang belum dibaca. Selain itu, mereka akan mudah menemukan gambar dan meniru gambar yang ada dalam buku.

Tempatkan mainan di area terjangkau

Mainan seperti boneka, robot, squishy, Barbie, lego akan dimainkan jika anak merasa bosan setelah belajar. Karena anak yang sering belajar akan terasa cepat lelah maka dia membutuhkan hiburan untuk merefresh pikirannya. tempat yang terjangkau akan lebih mudah anak menjangkaunya. Misalnya diletakkan di atas kasur. Selain terjangkau cika diambil, anak juga bisa mengajak bercerita mainan tersebut.

Tempatkan area khusus untuk karya anak

Pakailah area tembok di bagian tengah atau pojok untuk memberi ruang karya anak. Seperti mading mini pada anak. Anak boleh menempel gambar, catatan pengingat, rangkuman pelajaran, puisi, foto bersama teman, foto bersama keluarga, target dan cita-cita anak. Tapi, pastikan jangan langsung menempel ke tembok karena akan mengotori tembok. Orang tua bisa memberi papan tipis atau kertas tebal sebagai alas. Dengan begitu setiap belajar anak bisa melihat catatannya da nada kebanggaan tersendiri dengan target dan pencapaiannya.

Meja belajar berhadapan dengan mading mini

Siapa sangka jika anak akan lebih bersemangat belajar atau menggambar jika dihadapannya sudah terpasang target, pencapaian atau karya-karyanya. Semakin banyak karya yang dia tulis, semakin sering dia ganti karya tersebut. Hal itu akan terjadi penyegarankepada hati dan pikiran anak. Semakin banyak pencapaian yang diraih, semakin panjang daftar pencapaian. Hal itu akan menjadi kepuasan tersendiri dalam berusaha dan belajar. Meja dan kursi untuk belajar lebih baik yang bisa dilipat supaya ringkas. Jika meja dan kursi nyaman belajar juga nyaman dan tetap fokus.

Tanaman sintesis atau pot mini

Setelah lelah bermain dan belajar, anak akan merasa bosan. Taruhlah tanaman sintesis yang kecil berwarna hijau. Warna hijau seperti dedaunan akan memberi dampak kesegaran untuk anak. Pot kecil ini bisa diletakkan di dekat jendela, meja belajar, atau dekat tempat tidur. Meskipun bukan tanaman asli, tanaman kecil ini bisa mempercantik kamar. Biasanya kaktus atau sukulen asli ditempatkan di kamar karena tidak memerlukan perawatan ekstra. Cukup disemprot  sehari sekali karena kaktus atau sukulen hidup di daerah kering.

Jika sudah mencoba beberapa tips di atas, boleh memadupadankan beberapa cara lain lagi supaya kamar anak lebih menarik dan nyaman. Semoga artikel ini bisa membantu untuk Ayah Bunda untuk mencari inspirasi yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *