Butuh Penghasilan Tambahan? Buka Saja Usaha Sewa Kost

Saat ini segala harga kebutuhan serba naik baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan primer. Sayangnya kenaikan harga kebutuhan tersebut tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan. Ada satu bisnis yang bisa Anda coba untuk menambah pemasukan Anda yaitu dengan membuka jasa sewa kost.

Mulai dari Rumah Sendiri

Barangkali Anda berpikir bahwa membuka sewa kost merupakan bisnis yang tidak tepat bagi Anda yang memiliki penghasilan sedikit dan berniat menambah pemasukan karena Anda harus membangun rumah baru.

Tenang, jangan khawatir. Membuka usaha sewa kost tidak selalu harus membangun rumah kost. Anda bisa memulainya dari rumah Anda sendiri.

Jika Anda tinggal di rumah Anda atau rumah orangtua Anda sendiri dan ada kamar kosong yang tidak pernah dipakai, mengapa tidak Anda sewakan saja daripada menganggur?

Pasang Harga Sewa di Bawah Rata-rata

Lakukanlah survei tentang harga sewa kamar di tempat sewa kost yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Lalu tentukan harga sewa di bawah harga sewa rata-rata kost-kostan tersebut.

Apakah Anda tidak merugi? Tentu saja tidak karena Anda tidak perlu membangun rumah kost lagi. Anda tidak perlu keluar modal. Anda hanya perlu membersihkan dan sedikit mempercantik kamar kosong tersebut.

Tentukan Biaya Fasilitas yang Lain

Anak kost biasanya lebih memilih makan di luar, tetapi jika mereka adalah perempuan maka tidak jarang yang memilih untuk memasak sendiri agar lebih hemat..

Hal ini bisa menjadi peluang baru bagi Anda. Anda bisa memberikan pilihan bagi si penyewa untuk ikut makan di rumah Anda dengan biaya tambahan atau jika ia ingin masak sendiri maka tentukan biaya pengganti gas.

Jika di rumah Anda ada mesin cuci, Anda juga bisa mengenakan tarif tambahan pada penyewa bila ingin mencuci dengan mesin tersebut.

Buat Peraturan yang Sama Bagi Penyewa Kamar dan Penghuni Rumah

Karena kamar yang Anda sewakan adalah kamar di rumah Anda atau di rumah orangtua Anda artinya calon penyewa akan tinggal di rumah yang sama dengan Anda dan orangtua Anda maka perlakukanlah penyewa tersebut seperti keluarga Anda sendiri.

Berlakukan lah peraturan yang sama ke penyewa kamar dengan Anda dan orangtua Anda., Anda tidak bisa asal mencomot peraturan dari kost-kostan lain, sesuaikan dengan keadaan si penyewa dan keadaan keluarga Anda.

Barangkali di rumah Anda jika sudah jam sepuluh malam maka rumah akan dikunci. Lalu Anda memberlakukan jam malam untuk penyewa kamar tersebut. Jika ternyata penyewa kamar tersbeut adalah mahasiswa yang sibuk di kampus maka sebaiknya Anda membawakannya kunci rumah sendiri agar ia tetap bisa masuk rumah jam berapapun.

Hargai Privasinya

Jika Anda takut apabila calon penyewa kamar  Anda memasukkan lawan jenis ke dalam kamar  maka sediakan ruang terbuka bagi teman-teman atau tamunya yang akan mengunjunginya.

Kesalahan yang dibuat oleh beberapa pemilik usaha sewa kost adalah aturan untuk tidak memasukkan lawan jenis ke kamar kost tetapi tidak ada ruang tamu/tempat terbuka yang disediakan bagi para tamu penyewa yang hendak berkunjung.

Pasang Iklan di Internet

Jika segala sesuatu sudah siap saatnya Anda iklankan usaha sewa kost Anda di internet. Mengapa harus di internet? Karena saat ini orang-orang lebih senang mengakses informasi melalui internet.

Anda bisa mengiklankan kamar yang Anda sewakan melalui facebook, instagram dan whatsapp pribadi Anda. Namun jika hanya di ketiga sosial media tersebut tentu tidak akan maksimal maka Anda perlu memasang iklan di https://sewakamar.id

Sewakamar.id merupakan situs untuk mengiklankan kamar kost Anda dengan harga yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *