6 Tips Merawat Smartphone Dengan Baik Agar Tak Mudah Rusak

Tips merawat smartphone – Smartphone merupakan barang yang sangat familiar dan penting sekali untuk menunjang berbagai aktivitas. Karena sangat berharga, wajar jika pengguna smartphone harus menjaga agar smartphone mereka tak mudah rusak. Sehingga Anda tak perlu sering-sering merogoh kocek hanya untuk membeli smartphone yang baru. Mengingat harga ponsel yang semakin hari semakin mahal. Karena itu, penting sekali untuk merawat smartphone agar tetap awet dan tak mudah rusak.

Bagaimana Tips Merawat Smartphone Dengan Baik?

Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk merawat smartphone dengan baik agar tak mudah rusak dan lebih awet saat digunakan, sebagai berikut :

Bersihkan Dengan Berkala

Hal yang perlu dilakukan pertama kali ialah dengan menjaga kebersihan ponsel Anda. Untuk hal ini, Anda harus membersihkan perangkat gadget Anda secara berkala. Cara yang dapat dilakukan ialah dengan memakai tisu yang telah ditetesi alkohol atau tisu kering saat membersihkan bagian luar atau permukaan smartphone Anda. Jangan memakai tisu basah, atau air yang bisa membuat smartphone Anda menjadi lembab.

Mengisi Daya Baterai Sesuai Keperluan

Untuk menjaga keawetan baterai, dan menghindari terjadinya overheating pada baterai, sebaiknya lakukan isi daya baterai ponsel Anda sesuai kebutuhan. Tak sedikit pengguna yang melakukan pengisian daya ulang baterai pada malam hari sampai ketiduran, lalu baru dicabut lagi setelah pagi hari. Walaupun baterai smartphone saat ini telah dilengkapi oleh teknologi canggih yang langsung memutuskan arus listrik ketika pengisian daya baterai sudah selesai, alangkah baiknya hindari pengisian baterai sampai semalaman.

Pastikan Memakai Pelindung Layar Ponsel

Casing dan pelindung layar ponsel tentu saja sangat membantu smartphone Anda agar terhindar dari benturan dan goresan. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda menghabiskan sedikit uang untuk membeli casing dan pelindung layar ponsel.

Simpan Ponsel di Tempat Aman

Pastikan Anda menyimpan ponsel di tempat yang terjamin keamanannya saat tidak digunakan. Anda juga harus memastikan apakah tempat penyimpanan tersebut tak membuat ponsel Anda terinjak atau terjatuh. Tak hanya itu, pastikan smartphone Anda jauh dari jangkauan si kecil, karena bisa membuat smartphone Anda terbanting atau jatuh dan akhirnya rusak. Tempat yang aman menyimpan smartphone ialah di rak buku atau di atas meja. Hindari menyimpan smartphone Anda di wadah tertutup atau di dalam tas dalam waktu yang lama. Ini dikarenakan mengisi daya ponsel di dalam wadah yang tertutup bisa memicu terbakarnya ponsel serta mempersingkat umur baterai smartphone.

Pakai Leather Case atau Flip Case

Tips merawat smartphone agar tetap awet dan tidak rusak lainnya ialah dengan melindungi bodynya menggunakan leather case atau flip case. Hal tersebut berlaku bagi para pengguna yang mempunyai smartphone tanpa lisensi IPX6 atau IPX5 sebagai sertifikasi anti debu, anti air, dan tahan banting.

Instal Software

Menginstall software juga bisa dimasukkan ke dalam list perawatan smartphone. Namun di sini, Anda harus tetap memperhatikan kapasitas smartphone yang dimiliki untuk bisa menampung software tersebut. Ini penting sekali untuk diperhatikan mengingat jika terlalu banyak software di dalam smartphone, bisa membuat kinerja perangkat Anda terhambat akibat kapasitas yang tidak memadai. Selain itu, Anda juga perlu hati-hati saat menginstall software sebab bisa menyebabkan virus-virus masuk ke dalam smartphone Anda. Itulah 6 tips merawat smartphone dengan baik agar usia pemakaiannya lebih panjang, sehingga Anda tak perlu lagi merogoh kocek dalam dalam untuk membeli smartphone baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *